Powered By Blogger

Rabu, 21 Oktober 2009

KONSENTRASI OLAHRAGA

KONSENTRASI adalah pemusatan perhatian dan pemikiran terhadap pelaksanaan suatu usaha setelah adanya kemantapan bertindak dengan dilandasi oleh sifat kepribadian yang ideal.

A. LINGKUNGAN KELUARGA

PENTING !!! karena semua kejadian yang menimpa diri atlet dilingkungan keluarga akan dibawa atau akan menjiwai tindakan-tindakan atlet. Hal ini tidak boleh dilupakan pada waktu mengasuh para atlet.

Misal; seorang atlet dalam lingkungan keluarganya mengalami kesulitan seperti terjadinya cekcok antara orang tua atau saudara yang sedang sakit, akan berakibat lain pada diri atlet kalau dibandingkan sewaktu lingkungan keluarganya mengalami kebahagiaan, kesenangan dan sebagainya.

*KEADILAN DALAM KELUARGA ADALAH KUNCI PEMECAHANNYA*

B. LINGKUNGAN SEKOLAH/KERJA/MASYARAKAT

Lingkungan ini dimaksudkan dimana atlet bertugas. Bagi yang masih sekolah harus diperhatikan sekolahnya, bagi yang bekerja adalah keadaan lapangan kerjanya, begitu pula bagi yang tidak sekolah maupun yang tidak bekerja, berarti lingkungan pergaulannya.
Pada lingkungan ini akan memberi warna kepada tindakan-tindakan atlet pada waktu berlatih maupun ketika sedang bertanding.
Misal; seorang atlet menghadapi masa-masa ulangan atau ujian yang menuntut semua daya upaya dicurahkan ketugas-tugas tersebut, sehingga kalau dipaksakan untuk berlatih atau bertanding tentunya hasilnya akan berbeda ketika belum banyak tugas dan berada pada masa-masa ujian.

DILEMATIS ANTARA SEKOLAH DAN PRESTASI !!!!

Begitu juga halnya pada atlet yang sudah bekerja, banyaknya persoalan dalam lingkungan kerjanya akan mempengaruhi diri atlet. Misal sehabis dimarahi oleh atasan akan berakibat lain apabila sehabis mendapatkan pujian, hadiah dan lain sebagainya.
Bagi yang tidak sekolah dan bekerja pengontrolan dan pencarian terhadap kelainan-kelaian kebiasaan atlet akan lebih rumit lagi karena daerah lingkungannya sangat luas.
*DUGA – ANALISIS – MENCARI SOLUSINYA*
C. LINGKUNGAN OLAHRAGA ITU SENDIRI

- Faktor penonton ---- mempengaruhi daya juang atlet
a. massa insiders ---- para atlet, wasit, pembantu wasit dan pelatih
b. massa yang senang akan kegiatan olahraga pada umumnya --- gemar olahraga
c. massa sporters ---- tim kesayangan PSM ”The Matcz Man”
d. massa penjudi ---- ”PABOTORO”
e. massa sensasi ---- melihat yang heboh, menggemparkan.
f. massa absensi --- yang penting hadir dan bisa menjadi bahan cerita
g. massa undangan ---- datang karena fungsinya di masyarakat, ”BOSKA”
- Faktor petugas pertandingan seperti wasit, pembantu wasit ---- keputusan yang tidak adil dan keliru yang akan menggagu konsentrasi dan usaha atlet untuk bermain secara baik.
- Faktor lawan ----- putus asa --- over confidence
- Faktor alat perlengkapan dan fasilitas ---- membiasakan menggunakan alat latihan yang sama dengan yang dipakai pada saat bertanding (adaptasi alat)
- Faktor cuaca ---- penyesuaian cuaca agar atlet tidak terkejut.
- Organisasi pertandingan ------ efek psikis sistem gugur dan sistem kompetisi
- Hasil yang dicapai selama bertanding akan mempengaruhi konsentrasi atlet --- pengaruhnya terhadap daya juang atlet.

NB: Bingung............. hub: 081524350105

Tidak ada komentar:

Posting Komentar